Sabtu, 26 Oktober 2013

The Beauty of Indonesia

     Bagi kita yang merupakan warga negara Indonesia yang baik, sudah sepatutnya kita bangga akan kekayaan yang dimiliki oleh negeri kita tercinta ini. Kekayaan yang dimaksud adalah keindahan alamnya, sumber daya alam dan manusianya, suku, bahasa, dan budayanya yang sangat beragam, namun terkadang kita lupa bagaimana kita harus menghargainya. Di bawah ini, ada beberapa gambaran akan keindahan alam Indonesia dari berbagai daerah yang mungkin akan membantu anda dalam menghargai dan memelihara kekayaan yang ada di Indonesia ini.
1.  Danau Kakaban 
Danau yang terletak di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur ini dapat dikatakan sebagai salah satu danau terunik di Indonesia atau malahan di dunia. Mengapa tidak? Danau yang jarang sekali orang ketahui ini, ternyata memeliki daya tari yang berbeda dengan danau pada umumnya, sebab di Danau Kakaban ini kita dapat menemukan ribuan ubur-ubur yang tidak dapat menyengat.











2.  Gunung rinjani
Siapa yang tak kenal dengan gunung yang satu ini? Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, gunung yang memiliki pesona yang luar biasa ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya                                               

3.   Danau Segara Anak
Selain menyuguhkan keindahan alam Gunung Rinjani, ternyata Lombok memberikan pesona Danau Segara Anak dalam satu paket. Danau ini merupakan danau kawah Gunung Rinjani. Nama Segara Anak sendiri berarti anak laut sebab warna air danau yang biru mengingatkan dengan laut.

4.   Kawah Ijen 
Pesona alam yang satu ini memang tak diragukan lagi akan keindahannya. Kawah Ijen sendiri merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur. Kawah ini berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

5.   Pantai Sulamadaha
Pantai yang terkenal dengan airnya yang jernih ini terletak Ternate, Maluku. Saking jernih airnya, pantai ini sering kali dijuluki Pantai Kaca oleh para traveler. Indah bukan?








6.   Danau Ranu Kumbolo
Bagi anda yang sudah menonton film 5 cm, pastinya tak asing lagi dengan danau yang satu ini. Danau Ranu Kumbolo terletak searah dengan jalur pendakian ke puncak Gunung Semeru yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang. Danau ini merupakan danau  tertinggi di pulau Jawa.    
    
7.   Lembah Harau
Lembah yang teletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat ini memiliki keunikan tersendiri  karena diapit oleh dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Dengan udaranya yang masih segar, kita dapat menikmati keindahan alam sekitarnya. Serta tebing-tebing granitnya yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah akan memberi kesan tersendiri.
     
8.   Pulau Kanawa 
Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memang menyimpan berbagai keindahan, dengan ombak pantainya yang tenang dan bukit batunya yang ditumbuhi rumput kering, akan membuat para pengunjung untuk tinggal berlama-lama di pulau ini.

Bagaimana, Indonesia memiliki keindahan alam yang beragam dan memukau bukan? Tetapi sayangnya, beberapa tempat di atas tadi mengali ancaman pencemaran lingkungan karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Maka dari itu, kita sebagai warga negara yang sadar akan pentingnya melestarikan alam Indonesia, sudah sepatutnya kita memelihara dan melindungi alam indah ini yang telah Tuhan berikan  kepada negeri kita tercinta. Semoga tulisan di atas tadi akan membantu anda sekalian dalam menghargai alam yang ada di sekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar